Total Pageviews

Post

Get This+

Followers

Cara Membuat Blog anda Menarik dan Menghasilkan Uang

Tentu saja bagi penulis artikel di blog ingin di hargai postingan-nya,maka dari itu para bloger harus membuat blog agar terlihat menarik dan mudah di baca.

1 Agar blog Anda menarik dimata Pengunjung

1.a. Buat blog dengan tema yang jelas.

Blog dengan tema yang jelas menunjukkan blog anda spesial membahas bidang tertentu. Katakanlah misalnya blog anda tentang bisnis online maka hanya buat konten blog seputar bisnis online.

Masalahnya mungkin anda akan kesulitan menulis konten blog dengan tema yang terlalu spesifik.  Anda bisa buat menjadi 2 tema, misalnya tentang bisnis online dan SEO. Jadi tema blog anda menjadi cukup luas. Manakalah anda kesulitan memunculkan ide menulis artikel tentang bisnis online anda masih bisa menulis tentang SEO.

 

Memiliki lebih dari 1 tema utama pada sebuah blog dimaksudkan agar cakupan bahasan blog kita menjadi lebih luas, sekaligus kita memiliki banyak alternatif pilihan topik yang bisa ditulis untuk mengisi konten blog.


Jadi sebaiknya anda tidak membuat blog dengan tema umum atau multi tema, atau dengan kata lain blog yang berisikan segala macam artikel, dari artikel tentang bisnis, artikel olahraga, tentang kecantikan, tips kesehatan dll.

Membuat blog dengan topik beragam memang memperbesar peluang blog anda didatangi banyak pengunjung, namun blog dengan tema beragam tidak efektif digunakan untuk membangun branding.

1.b. Gunakan template blog yang indah.


Tampilan blog yang indah dimaksudkan agar enak dilihat oleh mata pengunjung. Setiap pengunjung pasti lebih suka melihat sesuatu yang tampak indah. Ada banyak template indah dan gratisan yang ada di internet yang bisa anda gunakan untuk template blog anda.

Meskipun anda bermaksud membuat blog anda tampil seindah mungkin, jangan sampai karena mau tampil indah anda menghiasi blog anda dengan beragam aksesoris yang malah menjadikan blog anda lambat loading. Seberapa indahnya penampilan blog bila membuat pengunjung kelamaan menunggu proses loading, maka besar kemungkinan mereka akan segera menutup blog anda.

Jadi anda perlu pilih template yang bagus, indah, namun cukup ringan. Pilih template dengan kombinasi warna tampilan yang harmonis. Pilih tampilan yang membuat artikel mudah terbaca, tidak menyilaukan mata, sejuk dimata.

Kalau anda bermaksud memberinya background, maka gunakan gambar background dengan ukuran byte sekecil mungkin. Gambar background yang anda gunakan sebaiknya sesuai dengan tentang apa tema blog anda.

1.c. Gunakan template yang SEO friendly.


Template yang SEO friendly itu adalah template  yang baik dimata search engine, template yang memungkinkan seluruh konten blog mudah ditelusuri oleh robot search engine.

Umumnya template yang SEO friendly tampak sederhana, ringan, tidak banyak widget dan beragam karakteristik lainnya.

Kalaupun template SEO friendly tidak terlalu memenuhi selera artistik anda, lakukan sedikit modifikasi agar tampilannya terlihat lebih indah sesuai maunya anda.

Ada banyak template blog yang sudah dirancang agar tampil lebih baik dimata mesin pencari, sekaligus terlihat bagus oleh pengunjung. Silahkan anda cari di Google.

1.d. Ajak pengunjung terlibat dengan apa yang anda tulis.


Salah satu cara mengajak pengunjung terlibat dengan blog kita adalah menyediakan kotak komentar, ini sudah diketahui oleh setiap blogger.

Ada kalanya pengunjung tertarik untuk memberikan komentar, sanggahan, masukan, dan koreksi pada artikel yang kita tulis. Untuk itu memberikan fasilitas kotak komentar dimana semua jenis pengunjung bisa memberikan komentar menjadi hal yang sangat penting.

Sering kita temukan blog yang tidak memfasilitasi pengunjung untuk berkomentar, atau kalaupun bisa memberikan komentar namun harus login menggunakan akun tertentu yang seringkali tidak setiap pengunjung punya. Maka buatlah kotak komentar yang bisa memfaslitiasi semua pengunjung memberikan komentar dengan login menggunakan akun apapun. Template standar blogspot telah menyediakan fitur tersebut.

Anda bisa pula menawarkan kesempatan kepada pengunjung untuk menjadi penulis tamu. Banyak blogger suka menjadi penulis tamu dengan tujuan untuk mendapatkan backlink berkualitas, sekaligus memperkenalkan diri dengan cara yang efektif.

1.e. Beri reward kepada pengunjung yang loyal.


Barangkali karena blog anda sangat menarik dimata beberapa orang pengunjung, maka mereka secara rutin mengunjungi blog anda.  Mereka mungkin juga sudah menjadi member blog anda, klik suka pada postingan anda, bergabung di fans page blog anda, dan lain-lain. Berikan hadiah untuk pengunjung jenis ini.

Reward apa yang bisa anda berikan, tergantung kemampuan anda. Tidak harus berupa hadiah bendah, anda bisa beri hadiah berupa backlink kalau mereka punya blog. Bisa berupa hadiah diskon untuk produk yang anda jual di blog anda, dan beragam reward lainnya.

2. Bagaimana membuat blog menghasilkan uang.


2.a. Datangkan pengunjung sebanyak mungkin.


Mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin adalah cara memperbesar peluang blog menghasilkan uang. Tidak hanya sekedar pengunjung namun pengunjung yang tertarget. Pengunjung tertarget itu biasanya adalah pengunjung yang paling mungkin melakukan konversi.

Konversi yang anda harapkan bisa berupa klik tombol suka, bergabung di halaman fans page, klik tombol daftar member, atau langkah-langkah yang mengarah pada menjadi konsumen anda. Artinya tinggal beberapa langkah lagi blog anda bisa menghasilkan uang.

Untuk mendatangkan pengunjung yang banyak tentu saja anda harus lakukan optimasi SEO pada blog anda, baik SEO on Page maunpun SEO off page. Tujuan melakukan SEO adalah agar blog tampil di halaman pertama search engine seperti google.

Kalau blog anda tampil di halaman pertama google untuk prasa kata kunci yang anda targetkan, maka blog anda berpeluang didatangi oleh pengunjung yang anda harapkan.

2.b. Pasang iklan PPC atau link affiliasi.


Setelah blog anda mendapatkan banyak pengunjung maka anda akan lebih mudah untuk menjadikan blog menghasilkan uang. Jangan terburu-buru berharap mendapatkan banyak uang, setidaknya mulailah dari mengharapkan memperoleh pendapatan uang yang bisa untuk membayar ongkos internetan anda.

Untuk menjadikan blog menghasilkan uang anda bisa pasang iklan PPC di blog anda.  PPC adalah singkatan dari "Pay per Cick", yaitu iklan yang bila diklik pengunjung anda akan diberi imbalan uang oleh penyedia layanan iklan PPC. Iklan PPC yang terkenal adalah Google Adsense, selain itu ada banyak lagi iklan PPC yang bisa anda pasang di blog.

Uang yang bisa anda dapatkan dari iklan PPC bervariasi, umumnya dimulai dari nilai Rp.300,- , atau sepersekian dollar untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung.

Selain iklan PPC anda bisa pula pasang link affiliasi. Link affiliasi adalah link yang bila diklik akan membawa pengunjung ke halaman website tertentu, biasanya website penjual produk.

Anda akan mendapatkan komisi senilai uang tertentu untuk setiap pembelian yang dilakukan pengunjung setelah klik link affiliasi anda. Umumnya komisi yang bisa anda terima berkisar dari 20% hingga 80% dari harga produk yang terjual.

Beberapa link affiliasi yang terkenal seperti Amazon, Click Bank.  Masih ada banyak lagi program affiliasi yang bisa anda ikuti, baik program affiliasi luar negeri maupun program affiliasi lokal.

2.c. Jual produk baik buatan anda maupun produk orang lain.


Cara lainnya untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan menjual produk di blog anda. Produk yang bisa anda jual bisa berupa produk konvensional atau produk digital.

Anda bisa menjual produk apa saja melalui blog anda, namun sebaiknya sesuai dengan tema utama blog anda. Kalau blog bertema bisnis online maka produk bisnis seperti ebook, panduan, software lebih relevan untuk anda jual. Atau anda jual produk jasa misalnya jasa pembuatan blog, jasa konsulitasi seputar blogging, dan jasa sejenis lainnya.

Anda tidak harus menjual produk buatan anda, bisa juga anda jual produk buatan orang lain. Anda juga tidak harus stok barang untuk produk yang anda jual, bisa anda jual produk melalui sistem drop shipping.

Sistem drop shipping memungkinkan anda menjual produk tanpa stok barang, jadi dalam hal ini anda bisnis tanpa modal uang.

Demikianlah beberapa cara membuat blog yang menarik dan menghasilkan uang, semoga bisa menjadi masukan untuk anda yang baru mulai blogging dan mencari tahu cara mendapatkan uang dari blog.

sekian dulu yah, moga bisa membantu.

No comments:

Post a Comment

Proudly Powered by Blogger.